10.10.11

10 Kota Terbesar di Indonesia

Kita sebagai masyarakat Indonesia sendiri seharusnya tahu apa saja kota besar yang ada di Indonesia. Kota manakah yang merupakan kota terbesar di Indonesia? Berikut adalah 10 Kota terbesar di Indonesia versi blog saya.


10) Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Banjarmasin merupakan kota terbesar di provinsi Kalimantan Selatan, sekaligus di pulau Kalimantan. Ibukota Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Salah satu tempat wisata unik dari kota ini adalah Pasar Terapung, dimana para penjual dan pembeli melakukan transaksi diatas sampan yang mengapung di sungai Barito. Banjarmasin berjumlah penduduk sebanyak 589.115 jiwa, memiliki luas sekitar 74 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8.182 jiwa/km2.


File:Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.jpg

9) Batam, Kepulauan Riau
Batam merupakan kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Kota ini merupakan kota industri terbesar di Indonesia. Batam juga mendapatkan rekor sebagai kota dengan perkembangan tercepat di Indonesia. Letaknya berdekatan dengan negara tetangga, Singapura. Batam berjumlah penduduk sebanyak 1,025,044 jiwa, memiliki luas sekitar 715 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 862 jiwa/km2.






8) Pekanbaru, Riau
Pekanbaru merupakan ibukota, sekaligus kota terbesar di Riau. Kota yang memiliki motto 'Kota Bertuah' ini merupakan salah satu kota terbersih dan terkaya di Indonesia. Pekanbaru berjumlah penduduk sebanyak 717,618 jiwa, memiliki luas sekitar 633.01 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 1,134 jiwa/km2.



7) Palembang, Sumatera Selatan
Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota ini merupakan kota terbesar di Sumatera Selatan, dan merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan. Dulu, kota ini sempat menjadi ibukota kerajaan Sriwijaya. Namun ibukota kerajaan Sriwijaya dipindahkan ke Jambi setelah terjadi serangan oleh Raja Cholamandala. Sekarang kota ini merupakan salah satu kota tersibuk di Indonesia. Setiap harinya selama 24 jam, kendaraan bermotor melintasi ikon kota Palembang, Jembatan Ampera. Kapal, sampan, dan ketek juga melintasi Sungai Musi yang membelah kota ini setiap harinya. Maka dari itu, kota ini mendapatkan julukan 'Venice Van Sumatra'. Palembang berjumlah penduduk sebanyak 1,342,258 jiwa, memiliki luas sekitar 400.61 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,351 jiwa/km2.



6) Makassar, Sulawesi Selatan
Makassar merupakan ibukota dan kota terbesar di provinsi Sulawesi Selatan. Kota yang dulunya memiliki nama Ujung Pandang ini merupakan kota terbesar di Sulawesi, serta sebagai gerbang menuju Indonesia Timur. Di kota ini, terdapat taman rekreasi indoor terbesar di Indonesia, yang bernama Trans Studio. Taman rekreasi ini juga merupakan taman rekreasi indoor terbesar di Asia Tenggara, dan juga taman rekreasi terbesar ketiga di dunia. Makassar berjumlah penduduk sebanyak 1,194,583 jiwa, memiliki luas sekitar  199.26 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 5,995 jiwa/km2.



5) Semarang, Jawa Tengah
Ibukota Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang penduduknya sebagian besar adalah suku Jawa dan Cina ini berjumlah penduduk sebanyak 1,438,733 jiwa, memiliki luas 373.67 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,850 jiwa/km2. Semarang merupakan salah satu kota yang unik di Indonesia. Berbagai bentuk alam terdapat di kota ini, seperti perbukitan, pantai, pegunungan, dan lain-lain. Kota ini merupakan salah satu kota peninggalan Belanda terpenting di Indonesia. Buktinya, banyak bangunan-bangunan, sekolah, dan rumah sakit bergaya Belanda ditemukan di kota ini.






4) Bandung, Jawa Barat
Nah, siapa yang tidak tahu dengan kota ini. Kota yang trademark nya sebagai kota fashion ini ternyata merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, lho! Bandung memiliki banyak julukan, seperti 'Kota Kembang', 'Paris Van Java', 'Parijs Van Java', 'Kota Pelajar', 'Kota Wisata', dan masih banyak lagi. Kota ini sudah terkenal menjadi tempat wisata sejak tahun 1930-an. Bandung berjumlah penduduk sekitar 2,288,570 jiwa, memiliki luas 167.30 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 13,679 jiwa/km2.



3) Medan, Sumatera Utara
Horas . . . ! Itulah kata yang biasa disebut-sebut oleh warga di kota ini. Kota terbesar di Sumatera dan wilayah Malaka ini merupakan rumah bagi 2,029,797 warganya. Medan memiliki luas 265.10 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,657 jiwa/km2. Kota ini merupakan tempat pertemuan dan tukar pikiran antara orang-orang Batak, Melayu, Cina dan India. Di dekat kota ini, terdapat Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. Para ilmuwan percaya danau ini terbentuk dari letusan gunung yang sangat dahsyat sekitar 10,000 tahun yang lalu.



2) Surabaya, Jawa Timur
Ini dia kota terbesar kedua di Indonesia. Ibukota Jawa Timur ini merupakan gerbang dan kota terbesar di Indonesia Timur. Selain besar, ramai, dan padat, Surabaya juga merupakan salah satu kota terindah di Indonesia. Di kota ini, taman-taman penghijauan sangat mudah ditemukan. Hampir seluruh jalanan di kota ini ditumbuhi pepohonan di kanan kirinya. Kota ini berjumlah penduduk 2,611,506 jiwa, memiliki luas wilayah 326.37 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8,002 jiwa/km2. Surabaya juga merupakan salah satu kota ternyaman di Indonesia. Temenan, rek . . .


1) Jakarta, DKI Jakarta
Nah ini dia kota terbesar di Indonesia. Bukan hanya sekadar ibukota politik Indonesia, Jakarta juga merupakan ibukota ekonomi dan finansial Bumi Pertiwi ini. Jakarta merupakan kota terbesar di Asia Tenggara, dan merupakan kota terbesar keenam di dunia. Jakarta berjumlah penduduk 9,580,000 jiwa, memiliki luas 740.28 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 14,464.08 jiwa/km2. Kota ini merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Jakarta pun telah menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik di Indonesia.



Itulah 10 kota terbesar di Indonesia versi blog saya.
sumber: http://www.mtromania.blogspot.com/2011/05/10-kota-terbesar-di-indonesia.html

No comments:

Post a Comment