13.7.11

10 kota terbesar di Asia Tenggara



10) Hanoi, Vietnam
Hanoi merupakan ibukota dan kota terbesar kedua di Vietnam. Kota ini terletak di tepian sungai Merah. Pada zaman dinasti Nguyen, kota ini merupakan ibukota Vietnam, dan pada saat Prancis menjajah Vietnam, kota ini kembali menjadi ibukota. Di setiap sudut kota ini, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai kuil, monumen bersejarah, pagoda, dan wihara. Hanoi berjumlah penduduk sekitar 6,5 juta jiwa, memiliki luas wilayah seluas 3,344.7 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 1,943.4 jiwa/km2.

 
9) Yangon, Burma
Yangon merupakan ibukota dan kota terbesar di Burma. Kota yang sebelumnya bernama Rangoon ini memiliki jumlah bangunan-bangunan kolonial terbanyak di Asia Tenggara. Dibandingkan dengan kota-kota penting lain di Asia Tenggara, Yangon bisa terbilang tidak berkembang. Berbagai infrastuktur yang ada di kota ini sangat buruk. Namun, sekarang di kota ini mulai banyak dibangun bangunan komersial atau perkantoran. Yangon berjumlah penduduk sekitar 4,348,000 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 598.75 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,261.8 jiwa/km2.


8) Surabaya, Indonesia
Surabaya merupakan ibukota dan kota terbesar di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota yang akrab dengan sebutan kota pahlawan ini merupakan salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Surabaya merupakan salah satu kota terunik di Asia Tenggara. Surabaya Zoo, yang terdapat di selatan kota Surabaya merupakan kebun binatang terbesar se-Asia Tenggara. Anda dapat dengan mudah menemukan banyak monumen, tugu, dan bundaran di setiap sudut kota ini. Surabaya berjumlah penduduk sekitar 2,765,908 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 374.78 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,380.1 jiwa/km2.


7) Bandung, Indonesia
Siapa yang tidak tahu kota yang satu ini, kota yang akrab dengan sebutan 'Kota Kembang', 'Kota Pelajar', atau 'Paris Van Java' ini merupakan ibukota dan kota terbesar provinsi Jawa Barat. Bandung terkenal sebagai kota untuk melepas penat atau liburan akhir pekan bagi warga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Karena dikelilingi oleh pegunungan dan berada di dataran tinggi, suhu dikota ini terasa sejuk. Bandung berjumlah penduduk sekitar 2,393,633 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 167.67 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 14,275.9 jiwa/km2. Bandung merupakan kota terpadat di Indonesia.


6) Kuala Lumpur, Malaysia
Kota terbesar di Negeri Jiran ini merupakan salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Sebagian besar penduduk kota ini adalah bangsa India, Cina, dan Melayu. Sejak tahun 1990, Kuala Lumpur banyak menjadi tuan rumah acara-acara olahraga, politik, dan budaya. Menara Kembar Petronas, merupakan menara kembar tertinggi di dunia dan merupakan ikon arsitektur masa depan bagi Malaysia. Kuala Lumpur berjumlah penduduk sekitar 1,627,172 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 243 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 6,696 jiwa/km2.


5) Ho Chi Minh City, Vietnam 
Terletak di tepian sungai Saigon, Ho Chi Minh City merupakan pusat finansial dan kota terbesar di Vietnam. Bangunan-bangunan kolonial di Ho Chi Minh City menggunakan gaya Prancis. Saat kota ini masih bernama Saigon, kota ini merupakan ibukota daerah jajahan Prancis yang bernama Cochinchina, kemudian kota ini menjadi ibukota Vietnam Selatan. Setelah perang saudara Vietnam berakhir, negara ini menyatukan diri dan kota ini menjadi pusat ekonomi dan bisnis Vietnam. Kota ini dinamakan Ho Chi Minh City setelah nama seorang pahlawan revolusi Vietnam, Ho Chi Minh. Ho Chi Minh City berjumlah penduduk sekitar 7,162,864 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 2,095 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,419 jiwa/km2.


4) Singapura, Singapura
Nah, siapa yang tidak kenal dengan kota di dekat negara kita ini. Singapura merupakan sebuah negara-kota. Kota ini dipisahkan oleh selat Johor di sebelah utara, selat Malaka di sebelah barat, Laut Cina Selatan di sebelah timur dan selatan. Kota ini memang benar-benar unik dan menarik. Sebagian besar penduduk kota ini adalah bangsa India, Cina, dan Melayu. Sebagian besar warga kota ini beragama Buddha, Islam, dan Katolik. Kota ini tak hanya aman, nyaman, dan menarik, tapi juga lengkap. Jika ingin ke sana, kita bisa terbang ke Batam, lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal ferry dari Batam ke Singapura. Biayanya murah dan tidak memakan waktu lama, kok. Singapura berjumlah penduduk sekitar 4,987,600 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 710.2 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,022 jiwa/km2.


3) Bangkok, Thailand
Dibelah oleh sungai Chao Praya, Bangkok merupakan ibukota dan kota terbesar di 'Negeri Gajah Putih', Thailand. Kota ini memiliki nama yang sangat panjang, sebut saja Krung Thep Maha Nakhon. Nama kota ini menggunakan 194 kata-kata dan tertera di depan gedung pemerintahan Bangkok. Kota ini terkenal akan jembatan-jembatannya, kuil-kuilnya, kehidupan sungainya, keramah-tamahan penduduknya, dan kehidupan malamnya. Kota yang satu ini bisa dikatakan sebagai kota khusus orang dewasa. Bangkok berjumlah penduduk sekitar 9,1 juta jiwa, memiliki luas wilayah seluas 1,568.737 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 5,801 jiwa/km2.


2) Manila, Filipina
Ini dia kota terbesar kedua di Asia Tenggara. Manila merupakan ibukota dan kota terbesar di Filipina. Daerah metropolitannya, yang bernama Metro Manila terdiri atas 16 kota. Luas wilayah yang sangat sempit, sementara jumlah penduduk yang sangat banyak menjadikan Manila sebagai kota terpadat di dunia. Diantara semua kota penting di Asia Tenggara, hanya kota inilah yang terkena budaya bangsa Spanyol. Manila berjumlah penduduk sekitar 1,660,714 jiwa, memiliki luas wilayah seluas 38.55 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 43,079 jiwa/km2.

1) Jakarta, Indonesia
Dan ini dia kota terbesar di Asia Tenggara. Jakarta merupakan ibukota dan kota terbesar di Indonesia. Kota yang satu ini pastinya kita tahu semua kan. Sebelum bernama Jakarta, kota ini memiliki banyak nama lain seperti Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan Djakarta. Kota ini juga memiliki nama panggilan Durian Besar. Kota ini merupakan kota yang sangat kosmopolitan. Berbagai suku bangsa dari berbagai penjuru nusantara dan dunia tinggal di kota ini. Jakarta merupakan kota terbesar ke-6 di dunia. Jakarta berjumlah penduduk sekitar 9,5 juta jiwa, memiliki luas wilayah seluas 740.28 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 14,464.08 jiwa/km2.

Itulah 10 kota terbesar di Asia Tenggara versi blog saya.

No comments:

Post a Comment